Pengaruh Internet Financial Reporting dan Tingkat Pengungkapan Informasi Website terhadap Frekuensi Perdagangan Saham Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.30872/jinv.v20i1.1712Keywords:
Internet Financial Reporting, Pengungkapan Informasi, FrekuensiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Internet Financial Reporting (IFR) dan tingkat pengungkapan informasi website terhadap frekuensi perdagangan saham perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 23 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan sumber data berupa laporan keuangan tahunan perusahaan. Alat analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Internet Financial Reporting (IFR) berpengaruh negatif/positif signifikan/tidak terhadap frekuensi perdagangan saham perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, (2) Tingkat pengungkapan informasi website berpengaruh negatif/positif signifikan/tidak signifikan terhadap frekuensi perdagangan saham perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
References
Kumalasari, C., Gama, A.W.S., & Suarjana, I. W. (2017). Pengaruh Internet Financial Reporting dan Tingkat Pengungkapan Informasi Website Terhadap Frekuensi Perdagangan Saham perusahaan. Jurnal Ilmu Manajemen Mahasaraswati, 7(7), 1-2. http://repository.upi.edu/69757/1/S_PEA_1702525_Title.pdf
Ashbaugh, H., Johnstone, K. M., & Warfield, T. D. (1999). Corporate Reporting on the Internet. Accounting Horizons, 13(3), 241-257. https://doi.org/10.2308/acch.1999.13.3.241.
Fama, E. F., Fisher, L., Jensen, M. C., & Roll, R. (1969). Adjustment of Stock Prices to New Information. International Economic Review 10(1), 1-21. https://doi.org/10.2307/2525569
Sukanto, Eman. (2011). Pengaruh Internet Financial Reporting dan Tingkat Pengungkapan Informasi Website Terhadap Frekuensi Perdagangan Saham Perusahaan di Bursa. Jurnal Ilmiah Ekonomi Fokus Ekonomi, 6(2), 84. https://doi.org/10.34152/fe.6.2.%25p
Taslim, A., & Wijayanto, A. (2016). Pengaruh Frekuensi Perdagangan Saham, Volume Perdagangan Saham, Kapitalisasi Pasar Dan Jumlah Hari Perdagangan Terhadap Return Saham. Management Analysis Journal 5(1), 2. https://doi.org/10.15294/maj.v5i1.5781
Saputra, A. C., Masitoh, E., & Samrotun, Y. C. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Internet Financial Reporting (IFR) pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food and Baverage yang Terdaftar di BEI 2015-2019. Jurnal Akuntansi Proaksi, 8(1), H.22. https://doi.org/10.32534/jpk.v8i1.1484
Lai, S. C., Lin, C., Li, H. C., & Wu, F. H. (2009). An Empirical Study of the Impact of Internet Financial Reporting on Stock Prices. The International Journal of Digital Accounting Research, 10(2010). http://www.uhu.es/ijdar/10.4192/1577-8517-v10_1.pdf
Abdelsalam, O., & El-Masry, A. (2008). The impact of board independence and ownership structure on the timeliness of corporate internet reporting of Irish-listed companies. Managerial Finance, 34(12), 907–918. https://doi.org/10.1108/03074350810915842
Manullang, M. S. G., Sinarwati, N. K., & Yuniarta, G. A. (2014). Pengaruh Internet Financial Reporting Dan Tingkat Pengungkapan Informasi Website Terhadap Frekuensi Perdagangan Saham Perusahaan. E-Jurnal S1 AK Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.30659/jai.1.1.11-19
Margaretha, H. (2004). Analisis Pemecahan Saham : Dampaknya Terhadap Likuiditas Perdagangan dan Pendapatan Saham. Jurnal Akuntansi, Auditing Dan Keuangan, 2(1), 25–95. http://doi.org/10.28658/jai.1.2.12-19
Silviyani, dkk. (2014). Pengaruh Likuiditas Perdagangan Saham dan Kapitalisasi Pasar Terhadap Return Saham Perusahaan Yang Berada Pada Indeks LQ45 Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2009-2013. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi SI, 2(1). http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v2i1.4364
Amalia, W. E., & Azib. (2020). Pengaruh Internet Financial Reporting dan Tingkat Pengungkapan Informasi Website Terhadap Nilai Perusahaan. Prosiding Manajemen, 6(1). http://dx.doi.org/10.29313/.v6i1.20029
Brigham, Eugene F. dan Houston, Joel F. 2011. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Terjemahan. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.
Yudaruddin, R. (2021). Laboratorium Statistik. Samarinda: RV Pustaka HorizonWatts, R. L., & Zimmerman, J. L. (1990). Positive Accounting Theory : A Ten Year Perspective. Review Literature And Arts Of The Americas, 65(1), 131–156. http://www.jstor.org/stable/247880
Yudaruddin, R. (2021). Laboratorium Statistik. Samarinda: RV Pustaka Horizon.
Zouari, Z., Lakhal, F., & Nekhili, M. (2015). Do CEO Characteristics Affect Earnings Management? Evidence from France. International Journal of Innovation and Applied Studies, 12(4), 801–819. http://www.ijias.issr-journals.org/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nabila Azizah Miftahul Nurjannah, Muhammad Amin Kadafi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.