Dampak Ekonomi Kerakyatan Berbasis Transformasi Ekonomi Digital
DOI:
https://doi.org/10.30872/jinv.v20i1.1704Keywords:
Ekonomi Digital, Serapan Tenaga Kerja, PendapatanAbstract
Penelitian ini fokus dalam menganalisis pengaruh ekonomi terhadap transformasi ekonomi digital khususnya pada sektor perdagangan Sembako (UMKM) kota Tarakan. Transformasi digital perekonomian telah menjadi fenomena besar dalam konteks global, dan UMKM berada di garis depan dalam transformasi ini. Metodologi penelitiannya melibatkan analisis data sekunder dan menggunakan desain penelitian lapangan (survei) dengan sasaran para pedagang sembako di Kota Tarakan yang sudah mengadopsi teknologi digital dalam usahanya. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif untuk mengetahui dampak ekonomi digital terhadap pendapatan. Penelitian ini menunjukkan bahwa transformasi digital perekonomian memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pendapatan pada sektor perdagangan Sembako kota Tarakan. dimana ekonomi digital memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan pada sektor perdagangan sembako dikota Tarakan, Ekonomi Digital memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Serapan Tenaga Kerja pada sektor perdagangan sembako dikota Tarakan serta Serapan Tenaga Kerja (Z) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Pendapatan pada sektor perdagangan sembako dikota Tarakan.
References
Agustina, Yuli, Heri Pratikto, Madziatul Churiyah, and Buyung Adi Dharma. “Pentingnya Penyuluhan Sertifikasi Jaminan Produk Halal Untuk Usaha Kecil Menengah (UKM).” Jurnal Graha Pengabdian 1, no. 2 (2019).
Anisa, Lina Nur. “Urgensi Literasi Sertifikasi Halal Bagi Usaha Kecil Menengah (Ukm) Di Kabupaten Ngawi Lina Nur Anisa.” Investama 8 (2022).
Desa, Perikanan, Tana Merah, Nizhamuddin Ab, Ahmad Juliana, Dodi Apriadi, and Muhammad Tharmizi Junaid. “Edukasi Pendampingan Usaha Dan Pengolahan Hasil Perikanan Desa Tana Merah” 1, no. 1 (2022): 14–18.
Desiyanti, Rika. “Faktor Keuangan Diantara Faktor-Faktor Penentu Pengembangan Klaster Ikm Rotan.” Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta 13, no. 2 (2018). https://doi.org/10.37301/jmubh.v13i2.12484.
djpb.kemenkeu. “Artikel.” djpb.kemenkeu.go.id, 2023. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/lubuksikaping/id/data-publikasi/artikel/3134-kontribusi-umkm-dalam-perekonomian-indonesia.html.
Elfahmi, Suryono Hadi, and Dodik Jatmika. “Pengaruh Inovasi Terhadap Ukm Naik Kelas Melalui Daya Saing Produk.” Media Mahardhika 17, no. 3 (2019). https://doi.org/10.29062/mahardika.v17i3.106.
Ellyta Lufihasna Wakhanda. “Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Di Era Global.” Kompaiana, 2017.
Faizal, Muhammad. “Pengembangan Kemandirian Pelaku Usaha Mikro Dan Kecil Dalam Implementasi Tanggungawab Sosial Perusahaan Di Kabupaten Bogor Jawa Barat.” IPB University, 2014.
Farida, Ida, Sunandar, and Aryanto. “Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kinerja UMKM Di Kota Tegal.” Jurnal Monex 8, no. 2 (2019).
Farida, Leli. “Analisis Strategi Pengembangan Produk Pangan Lokal Dalam Meningkatkan Industri Kreatif Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kecamatan Bandar Sribawono Kabupaten Lampung Timur).” UIN Raden Intan Lampung., 2018.
Ferine, Kiki Farida, Ahmad Zaki, Anis Okta Cahyaningrum, Fioletta Papilaya, and Egidius Fkun. “Peningkatan Daya Saing UMKM Melalui Social Capital.” Jurnal Multidisiplin West Science 2, no. 02 (2023). https://doi.org/10.58812/jmws.v2i02.230.
Hapsari, Denny Putri, and Ade Nahdiatul Hasanah. “Model Pembukuan Sederhana Bagi Usaha Mikro Di Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang.” Jurnal Akuntansi 4, no. 2 (2017).
Harini, S, S RR Pertiwi, and N Rochman. “Peningkatan Kualitas SDM Melalui Pelatihan Dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Pendapatan.” Media Pengabdian Kepada Masyarakat Quardhul Hasan 1, no. 1 (2015).
Indrianti, Fellyana Yuni, and Ermina Tiorida. “Peran Pemasaran Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Dan Kecil Di Kota Bandung.” Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi 5, no. 3 (2020). https://doi.org/10.35313/jrbi.v5i3.1702.
KEMENPERIN. “Undang - Undang RI No 13 Tahun 2003.” Ketenagakerjaan, no. 1 (2003).
Khotimah, Husnul, and Saksono Budi. “Analisis Peran Inovasi, Kompetensi Akuntansi, Dan Dukungan Pemerintah Terhadap Daya Saing UMKM Kota Tangerang Selatan.” Keberlanjutan : Jurnal Manajemen Dan Jurnal Akuntansi 5, no. 2 (2020). https://doi.org/10.32493/keberlanjutan.v5i2.y2020.p117-130.
Krisnawan, Mohammad Yoga Anang, and Mochammad Tutuk Safirin. “Penerapan Metode Pls Pada Analisis Faktor Kemampuan Daya Saing Berkelanjutan Umkm Batik Di Kota Xyz.” Juminten 2, no. 1 (2021). https://doi.org/10.33005/juminten.v2i1.218.
Lukmandono. “Analisis SWOT Untuk Menentukan Keunggulan Strategi Bersaing Di Sektor Industri Kreatif.” Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan III, 2015.
Mangkunegara. Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia Indonesia. Vol. 1, 2012.
Marliyah. “Strategi Pembiayaan Mudharabah Sektor Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM): Studi Kasus Perbankan Syariah Di Sumatera Utara.” Disertasi, 2016.
Mundung, Bertha Ireni, and Patricia Steffina Mawitjere. “Pengaruh Total Quality Management (TQM) Terhadap Kinerja Perusahaan Dengan Budaya Kualitas Dan Daya Saing Sebagai Mediasi (Studi Pada UMKM Di Tondano Kab. Minahasa).” Jurnal Manajemen Dan Bisnis 7, no. 4 (2022).
Nasni, Malikul Mulki, Rika Ampuh Hadiguna, and Gunarif Taib. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rantai Pasok Dalam Peningkatan Daya Saing Produk Kopi Di Kota Padang.” Jurnal Teknologi Pertanian 10, no. 2 (2021). https://doi.org/10.32520/jtp.v10i2.1614.
Putri, Kadek Diah Kencana, Dwi Putra Darmawan, and Gede Mekse Korri Arisena. “Kontribusi Sektor Perikanan Terhadap Perekonomian Provinsi Bali.” Jurnal Kebijakan Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan 11, no. 1 (2021). https://doi.org/10.15578/jksekp.v11i1.9741.
Putri, Shasqia Velliana, Imas Soemaryani, and Wa Ode Zusnita. “Pengaruh Kompetensi Digital Dan Kemitraan Terhadap Daya Saing Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Kuliner Di Kota Bandung.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 17, no. 4 (2023). https://doi.org/10.35931/aq.v17i4.2481.
Rusdiana, Supardi, and Soeharsono Soeharsono. “Upaya Pencapaian Daya Saing Usaha Sapi Perah Melalui Kebijakan Pemerintah Dan Peningkatan Pendapatan Peternak.” Agriekonomika 8, no. 1 (2019). https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v8i1.5111.
Somadi. “Strategi Peningkatan Daya Saing Industri Kecil Dan Menengah (IKM) Gula Aren Di Kabupaten Bandung Barat.” Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 2017.
Sukoco, Iwan, Dian Fordian, Farisadri Fauzan, and Linda Kurniawati. “Penyuluhan Makanan, Bisnis Kuliner, Dan Sertifikasi Halal Bagi Pelaku Ukm Kabupaten Pangandaran.” Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 2 (2021). https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2.32467.
Susanti, Nani irma, and Winarna Winarna Winarna. “Analisa Daya Saing Produk Olahan Buah Naga Organik Pada Kawasan Wisata Organik Beji Wonogiri.” Jurnal Edueco 3, no. 1 (2020). https://doi.org/10.36277/edueco.v3i1.46.
Susanto, Onky Anugerah, and Gendut Sukarno. “Analisis Kompetensi Entrepreneurial, Strategi Kewirausahaan Dan Modal Sosial Terhadap Kinerja Usaha Pada UMKM Mebel Di Kota Surabaya.” Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah 4, no. 3 (2021). https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i3.713.
Takhim, Muhamad, and Meftahudin Meftahudin. “Analisis Pengaruh Modal Usaha, Kreatifitas Dan Daya Saing Terhadap Pengembangan UMKM (Studi Kasus Pada Bengkel Las Di Kabupaten Wonosobo).” Journal of Economic, Management, Accounting and Technology 1, no. 1 (2018). https://doi.org/10.32500/jematech.v1i1.213.
Tazki, Theosofi. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Keripik Buah Di Kota Malang.” Jurnal Lentera Bisnis 8, no. 2 (2020).
“UMKM Kota Tarakan.” sidaracantik.kaltaraprov.go.id, n.d. https://sidaracantik.kaltaraprov.go.id/web/f_pencarian/enc-ewoJCQkJInNlYXJjaCI6IlVNS00iCgkJCX0.
Valentino, Ugi, Sarah Annisa Noven, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran, Kata Kunci, Bank Syariah, Bank digital, and Bank Digital Syariah Saran. “Digitalisasi Dan Keberlangsungan UMKM Kuliner Halal Selama Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 8, no. 02 (2022): 1679–88. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i2.5299.
Wahyuni, Rika, and Hadi Irfani. “Pengaruh Relationship Marketing, Kepuasan Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran Sederhana Masakan Padang.” Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi 6, no. 2 (2017).
Widiyanti, Eni. “KUR Baru, Memperluas Akses Pembiayaan Bagi UMKM.” Ditjen Sistem Manajemen Investasi, Kementerian Keuangan, n.d. https://kur.ekon.go.id/kur-baru-memperluas-akses-pembiayaan-bagi-umkm.
Yasir, Jibria Ratna, Ilham Ilham, and Kalsum Padli. “Pengaruh Modal, Digitalisasi Informasi Dan Kreativitas Terhadap Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Menengah Di Pelabuhan Tanjung Ringgit Kota Palopo.” Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business 4, no. 1 (2022). https://doi.org/10.24256/kharaj.v4i1.2846.
Yuningsih, Erni, and Yulianingsih. “Implementasi Inovasi Dan Pemasaran Hijau Dalam Meningkatkan Daya Saing UKM.” Inovator: Jurnal Manajemen 11, no. 3 (2022).
Zuliyati. “Implementasi Pengelolaan Modal Intelektual (Intellectual Capital) Untuk Menciptakan Daya Saing UMKM.” Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis 10, no. 2 (2013).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nizhamuddin AB, Ahmatang, Taufiqulrahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.