Sosialisasi dan Pengenalan Digital Marketing pada UMKM Dapur Rayhan sebagai Penunjang Kegiatan Pemasaran

Authors

  • Julia Labibazka Misly Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.
  • Wirasmi Wardhani Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.
  • Tiara Putri Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.
  • Halizah Fitria Maharani Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.
  • Rahul Syam Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.
  • Miftah Rahmawati Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.30872/abdm.v2i2.3017

Keywords:

UMKM, QRIS, Gofood

Abstract

Beberapa UMKM di Indonesia saat ini terkena pada dampak tersebut yang dimana era sekarang semua serba internet dan gadget. Saat ini sistem cashless sudah menyebar di kalangan UMKM, salah satunya penggunaan QRIS. QRIS merupakan inovasi terbaru dalam digital payment yang telah dinisiasi oleh Bank Indonesia dalam memberikan suatu kemudahan dalam bertransaksi dimana pun dan kapan pun. Bukan hanya itu, dalam perkembangan teknologi kini pemesanan sistem pesan-antar serba canggih yaitu secara online menggunakan aplikasi yang bisa dipesan menggunakan handphone saja, salah satunya yaitu Gofood dari aplikasi Gojek. Sistem Gofood yang memudahkan pelanggan untuk memesan makanan atau minuman dengan sistem pesan antar secara online dapat bisa dilakukan kapan saja tanpa harus ke toko secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan serta implementasi teknologi digital payment QRIS dan Gofood sebagai penunjang dalam kegiatan transaksi pada sektor UMKM Dapur Rayhan Teluk Lerong Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deksriptif, dengan teknik pengumpulan data yakni melaksanakan survey, observasi, dokumentasi dan wawancara secara langsung yang nanti akan dianalisis melalui pengamatan peneliti untuk menjawab rumusan masalah pada penelitian ini. Dari hasil penelitian ini dilakukan dalam rangka sosialisasi dan pengenalan QRIS dan Gofood pada UMKM Dapur Rayhan

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Misly, J. L., Wardhani, W., Putri, T., Maharani, H. F., Syam, R., & Rahmawati, M. (2023). Sosialisasi dan Pengenalan Digital Marketing pada UMKM Dapur Rayhan sebagai Penunjang Kegiatan Pemasaran. ABDIMU Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 115–122. https://doi.org/10.30872/abdm.v2i2.3017

Issue

Section

Articles