Pemanfaatan digital marketing pada usaha mikro kecil menengah

Authors

  • Dwi Martiyanti Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.
  • Bayu Dewanto Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.30872/abdm.v1i2.2558

Keywords:

Penyuluhan, digital marketing, pasar daring (e-marketplace)

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman pada pemilik usaha kecil menengah mengenai pentingnya digital marketing dalam mendukung usahanya. Pengabdian masyarakat ini dilakukan melalui suatu kegiatan penyuluhan dan pelatihan pada pemilik UMKM AMPLANG di wilayah tlk. lerong Ulu, Samarinda. Kegiatan yang telah dilakukan berupa kegiatan penyuluhan mengenai peran digital marketing dan pelatihan cara memulai bisnis berbasis daring agar adaptif terhadap situasi bisnis dalam era digital dan internet saat ini. UMKM telah diberikan pengetahuan tentang proses bisnis melalui platform daring yaitu akun pasar daring (e-marketplace) sebagai sarana pemasaran produk-produk yang akan dijual. Selain itu, juga diberikan pelatihan tentang cara memulai bisnis berbasis daring pada salah satu akun pasar daring (e-marketplace) yaitu shopee. Melalui pengetahuan yang telah didapatkan dari penyuluhan dan pelatihan, kegiatan telah membangkitkan semangat pelaku UMKM untuk menjalankan usahanya dengan pemanfaatan digital marketing. Pelaku UMKM juga telah memahami manfaat dan menggunakan salah satu aplikasi pasar daring (e-marketplace) dalam menunjang bisnisnya. Pelaku UMKM yakin bahwa dukungan penggunaan aplikasi berbasis daring tersebut mampu meningkatkan usahanya

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Martiyanti, D., & Dewanto, B. (2022). Pemanfaatan digital marketing pada usaha mikro kecil menengah. ABDIMU Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 31–35. https://doi.org/10.30872/abdm.v1i2.2558

Issue

Section

Articles