Konsep Desain Ruang Belajar di Outdoor Learning Space, Universitas Mulawarman

Authors

  • Hani Frisca Universitas Mulawarman
  • Nur Asriatul Kholifah Universitas Mulawarman
  • Pandu K. Utomo Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/transform.v1i1.64

Keywords:

ruang belajar, outdoor learning space, Universitas Mulawarman

Abstract

Universitas Mulawarman merupakan universitas tertua yang ada di Kalimantan Timur. Berbagai fasilitas kampus di Universitas Mulawarman disediakan untuk mendukung mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar selama menempuh pendidikan di Unmul. Fasilitas terbaru yang ada di Unmul yaitu outdoor learning space yang berada di pusat kawasan kampus Unmul. Pemanfaatan ruang terbuka hijau di area kampus ini dapat menjadi ruang publik dan ruang belajar terbuka. Berdasarkan pengamatan di outdoor learning space Unmul, saat ini belum terdapat fasilitas ruang belajar dapat mewadahi kegiatan mahasiswa yang terlindung dari hujan dan panas. Belum tersedianya fasilitas tersebut mengakibatkan penggunaan fungsi dari outdoor learning space ini kurang maksimal.

Kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi saat ini sudah banyak mengalami perubahan dan perkembangan. Kebutuhan ruang belajar terbuka dapat menjadi pilihan tempat yang ideal untuk berbaur. Konsep desain ruang belajar di area outdoor learning space Unmul ini bertujuan sebagai wadah belajar yang nyaman, produktif dan edukatif sehingga mahasiswa dapat merelaksasikan diri. Selain itu juga dapat memaksimalkan fungsi dari outdoor learning space yang sudah ada saat ini.

Desain dari ruang belajar ini juga memperhatikan beberapa aspek fungsi dan kualitas ruang, serta kepuasan pengguna. Konsep desain ruang belajar ini diharapkan dapat menjadi prototype ruang belajar di ruang terbuka kampus Unmul lainnya, tidak hanya di outdoor learning space saja. Semakin banyak kegiatan mahasiswa di kampus dan kegiatan pembelajaran sudah berlangsung secara luring, maka ruang belajar ini dapat menjadi alternatif fasilitas pendukung bagi mahasiswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Downloads

Published

27-07-2022

How to Cite

Hani Frisca, Nur Asriatul Kholifah, & Utomo, P. K. (2022). Konsep Desain Ruang Belajar di Outdoor Learning Space, Universitas Mulawarman. TRANSFORM: Journal of Tropical Architecture and Sustainable Urban Science, 1(1), 13–19. https://doi.org/10.30872/transform.v1i1.64

Issue

Section

Articles