Analisis Kemampuan Proses Pada Mesin Crusher 1 Departemen CPPO Dalam Memenuhi Target Produksi Pada PT XYZ

Authors

  • Intan Wulandari Mahasiswa
  • Farida Djumiati Sitania Universitas Mulawarman
  • Dedi Irawan Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jatri.v1i2.1033

Keywords:

crusher, delay, process capability, control chart

Abstract

Batubara terlebih dahulu melalui kegiatan pemprosesan batubara hingga batubara tersebut siap untuk dipasarkan sesuai dengan target produksi, spesifikasi, dan standar mutu yang telah ditetapkan. Kegiatan tersebut merupakan tanggung jawab dari Departemen Coal Preparation Plant & Operations yang dalam keberjalanannya terdiri dari proses penghancuran batubara dengan crusher, pengangkutan batubara dengan conveyor, dan untuk batubara yang masih kotor akan dilakukan proses pencucian batubara (coal washing) yang kemudian akan disimpan di stockpile dan dikirimkan menuju ke coal terminal menggunakan OLC (Overland Conveyor). Dalam memenuhi permintaan konsumen tersebut PT XYZ berusaha memenuhi target produksi namun dalam memenuhi target produksi tersebut terdapat beberapa hambatan (delay). Dilakukan penelitian dengan analisis kemampuan alat-alat pemprosesan batubara merupakan hal yang paling penting untuk mengetahui kinerjanya dengan metodologi analisis kuantitatif menggunakan analisis kemampuan proses (process capability) dari masing-masing alat dengan data primer hasil produksi bulanan dari Crusher 1 untuk mengoptimalkan produksi batubara secara efektif dengan mengetahui dan menanggulangi hambatan (delay) dari masing-masing alat, sebelum dilakukan analisis tersebut terlebih dahulu melakukan analisis dengan control chart (grafik pengendalian) untuk mengetahui batas produksi maksimum dan minimumnya agar proses produksi tetap terkendali. Hasil analisis capability process menunjukkan ketidakmampuan alat untuk memenuhi standar target perusahaan sebesar 547.500 ton per bulan sehingga dalam setahun menghasilkan 6.570.000 ton batubara dan berdasarkan data actual dari crusher 1 sebesar 4.81.549 ton.

 

References

Arif, M., 2022, Analisis Kapabilitas Proses Mesin Filling Untuk Pengendalian Kualitas Pada Produk Sirup Obat Batuk Di Industri Farmasi, Jurnal Teknik Industri ITN Malang, September.

Burr,I., 1976, Statistical Quality Control Methods, vol 16, Taylor & Francis Group, US America.

Herwiningtyas, R., 2018, Analisis Kapabilitas Proses Produksi Dioctyl Phthalate Di PT. Petronika Gresik, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 6 Juni.

Kotz, S., Johnson, N., 1993, Process Capability Indices, Taylor & Francis Group, New York.

Musyaiyad, H., Gunadi, G., Hidayati, N., 2022, Analisis Penurunan Nilai Physical Availability Pada Grader 14M CAT, Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin Politeknik Negeri Jakarta.

Nastiti, H., 2013, Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Metode Statistical Quality Control, Manajemen Fakultas Ekonomi UPN Veteran Jakarta.

Nugroho, U., 2018, Metodologi Penelitian Kuantitatif Pendidikan Jasmani, Sarnu Untung, Jawa Tengah.

Quraisy, A., 2020, Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk, Journal of Healt, Education, Economics, Science, and Technology, Vol.3, hal 7-11.

Rahmawati, D., Asyari, H., Prasetiawan, A., Jamaludin, A., 2020, Analisis Kapabilitas Proses Pada Mesin Pengemasan Tepung Terig, Teknoin, Vol.26, hal 1-3

Rimantho, D., Athiyah, 2019, Analisis Kapabilitas Proses Untuk Pengendalian Kualitas Air Limbah Di Industri Farmasi, Jurnal Teknologi Universitas Muhammadiyah Jakarta, Vol.11 pp. 1-8

Sisilia, H., Tannady, H., 2017, Process Capability Analysis Pada NUT, Jurnal Teknik Industri, Vol.12.

Downloads

Published

23-11-2023

How to Cite

Wulandari, I., Sitania, F. D., & Irawan, D. (2023). Analisis Kemampuan Proses Pada Mesin Crusher 1 Departemen CPPO Dalam Memenuhi Target Produksi Pada PT XYZ. Jurnal Teknik Industri (JATRI), 1(2), 43–55. https://doi.org/10.30872/jatri.v1i2.1033