Strategi Desain Label Kemasan dan Positioning Produk UMKM Kawasan Ekosistem Mangrove di Desa Tengin Baru

Authors

  • Panggulu Ahmad Ramadhani Utoro Mulawarman University http://orcid.org/0000-0002-1117-0705
  • Nurul Puspita Palupi Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman
  • Yulian Andriyani Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman
  • Marwati Marwati Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman
  • Maulida Rachmawati Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman
  • Esti Handayani Hardi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Mulawarman
  • Rita Diana Fakultas Kehutanan, Universitas Mulawarman
  • Haris Retno Susmiyati Fakultas Hukum, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.32522/abdiku.v2i1.518

Keywords:

Design; Label; Packaging; Product Image; MSMEs

Abstract

ABSTRACT

Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) are the backbone of the country's economy, particularly in Indonesia. Instructions to improve the quality and modernization of cooperatives and MSMEs in efforts to build an inclusive economy have been issued by the President of the Republic of Indonesia. MSMEs face increasing challenges in the face of global markets and digitalization. The use of technology has become one of the skills that MSME players must master, in addition to finance and investment. To face all of this, improving MSME productivity can be achieved through proper positioning and design on packaging labels. Increasing sales needs to be approached with the creativity of MSME players in utilizing existing technology. Product photos can increase consumer purchasing interest. Presenting attractive photos that are genuine images of the products being sold provides added value to increase consumer purchasing interest in the product, especially in the food sector. This training activity was carried out in Tengin Baru Village, Sepaku District, Penajam Paser Utara Regency. Target of this activity is the community and MSME players in the mangrove ecosystem area and close to the National Capital Region (NCR) of Nusantara. The goal of this activity is to increase understanding of the function of label design and product positioning as well as product photos in improving product quality and increasing consumer purchasing interest. The results of the training have a significant effect on increasing the insights of the community, especially MSME players, in the function of packaging label design and product photos.

 

Keywords: Design; Label; Packaging; Product Image; MSMEs

 

ABSTRAK

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan ujung tombak dari perekonomian negara, khususnya Indonesia. Instruksi untuk peningkatan kualitas dan modernisasi koperasi serta UMKM dalam upaya membangun ekonomi inkusif telah dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia. Tantangan UMKM semakin besar dengan dihadapkan kepada pasar global dan digitalisai. Pengusaan teknologi menjadi salah satu skill yang harus dikuasai oleh para pelaku UMKM. Selain keuangan dan investasi. Untuk mengadapi semua itu, dalam meningkatkan produktivitas UMKM dapat melalui positoning yag tepat dan desain pada label kemasan. Peningkatan penjualan perlu didekati dengan kreativitas para pelaku UMKM dalam memanfaatan teknologi yang sudah ada. Foto Produk dapat meningkatkan minat beli konsumen. Penyajian foto yang menarik dan merupakan gambar asli dari produk yang akan dijual menjadi nilai tambah tersendiri untuk meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk tersebut. Terutama pada produk pangan. Kegiatan pelatihan ini di laksanakan di Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. Sasaran kegiatan ini adalah masyarakat dan pelaku UMKM di kawasan ekosistem mangrove dan dekat dengan kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang fungsi desain label dan positoning produk serta foto produk dalam meningkatkan kualitas produk dan meningkatkan minat beli dari konsumen. Hasil dari pelatihan memberikan efek yang cukup signifikan terhadap penambahawan wawasan dari masyarakat khususnya pelaku UMKM dalam fungsi desain label kemasan dan foto produk.

 

Kata kunci: Desain; Foto Produk; Kemasan; Label, UMKM

Author Biography

Panggulu Ahmad Ramadhani Utoro, Mulawarman University

Department of Agricultural Product Technology, Faculty of Agriculture

References

Bappenas. (2021). Bappenas Berikan Tiga Rekomendasi Pengembangan UMKM Indonesia. Tersedia pada https://www.bappenas.go.id/id/berita/bappenas-berikan-tiga-rekomendasi-pengembangan-umkm-indonesia Diakses pada tanggal 31 Maret 2023.
Fauzi, S., & Lina, L. F. (2021). PERAN FOTO PRODUK, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING PADA MINAT BELI KONSUMEN DI E-COMMERCE. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 21. https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.151-156
Kemenko. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. Siaran Pers. Tersedia pada https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah Diakses pada tanggal 31 Maret 2023.
Meressa, H. A. (2020). Growth of micro and small scale enterprises and its driving factors: empirical evidence from entrepreneurs in emerging region of Ethiopia. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 9(1), 11. https://doi.org/10.1186/s13731-020-00121-9 .
Pangarso, A., Sisilia, K., Setyorini, R., Peranginangin, Y., & Awirya, A. A. (2022). The long path to achieving green economy performance for micro small medium enterprise. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 11(1), 16. https://doi.org/10.1186/s13731-022-00209-4 .
Ramdani, B., Raja, S., & Kayumova, M. (2022). Digital innovation in SMEs: a systematic review, synthesis, and research agenda. Information Technology for Development, 28(1), 56–80. https://doi.org/10.1080/02681102.2021.1893148 .
Salimon, M. G., Kareem, O., Mokhtar, S. S. M., Aliyu, O. A., Bamgbade, J. A., & Adeleke, A. Q. (2023). Malaysian SMEs m-commerce adoption: TAM 3, UTAUT 2 and TOE approach. Journal of Science and Technology Policy Management, 14(1), 98–126. https://doi.org/10.1108/JSTPM-06-2019-0060
Tritto, A., He, Y., & Junaedi, V. A. (2020). Governing the gold rush into emerging markets: a case study of Indonesia’s regulatory responses to the expansion of Chinese-backed online P2P lending. Financial Innovation, 6(1), 51. https://doi.org/10.1186/s40854-020-00202-4 .
Wasludin, W. (2017). PENGARUH METODE CERAMAH DAN DISKUSI DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN HIV/AIDS PADA SISWA SMP ARRAHMAN KOTA TANGERANG 2014. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 4(2), 129–136. https://doi.org/10.36743/medikes.v4i2.79 .
Wicaksono, R. A., Wati, U. K., Kusumatantya, I., Dewi, S. J., & Vawan, A. A. (2021). Pemberdayaan Unit Kegiatan Masyarakat (Ukm) Melalui Pengembangan Digital Marketing Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Di Tengah Pandemi Covid-19. DEDIKASI PKM, 3(1), 49. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i1.14606 .

Downloads

Published

2023-07-25

How to Cite

Utoro, P. A. R., Palupi, N. P. ., Andriyani, Y. ., Marwati, M., Rachmawati, M. ., Hardi, E. H., … Susmiyati, H. R. (2023). Strategi Desain Label Kemasan dan Positioning Produk UMKM Kawasan Ekosistem Mangrove di Desa Tengin Baru. ABDIKU: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Mulawarman, 2(1), 50–55. https://doi.org/10.32522/abdiku.v2i1.518