Pengaruh Kesadaran Kesehatan, Kualitas Produk terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepercayaan sebagai Variabel Intervening

Main Article Content

Cindy Marcella
Juniwati
Heriyadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kesadaran kesehatan dan kualitas produk terhadap minat beli ulang dengan kepercayaan sebagai variabel intervening pada konsumen pembalut wanita Laurier Natural Clean di Indonesia. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan populasi merupakan konsumen pembalut wanita Laurier Natural Clean di Indonesia, teknik penarikan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling, maka sampel yang digunakan sebanyak 150 responden. Teknik analisis dalam penelitian ini dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis program Partial Least Squares Structural Equation Modeling (Smart PLS-SEM) versi 3.2.9. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesadaran kesehatan berpengaruh positif terhadap kepercayaan, kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepercayaan, kesadaran kesehatan berpengaruh positif terhadap minat beli ulang, kualitas produk berpengaruh positif terhadap minat beli ulang, kepercayaan berpengaruh positif terhadap minat beli ulang, kesadaran kesehatan secara positif berpengaruh tidak langsung terhadap minat beli ulang melalui kepercayaan dan kualitas produk secara positif berpengaruh tidak langsung terhadap minat beli ulang melalui kepercayaan.

Article Details

Section
Articles

References

Ardianto, K., Putri Nuriska, F., & Nirawati, L. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Ulasan Produk Terhadap Minat Beli Ulang Emina Pada Official Store Shopee Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(2), 62–75.

Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia. 2020. Sensus Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin. Bps.go.id. (diakses pada tanggal 21 Mei 2024). https://sensus.bps.go.id/topik/tabular/sp2022/188/1/0

Biofarma. (2023). Kanker - Gejala, penyebab, dan pencegahan. https://www.biofarma.co.id/id/announcement/detail/kanker-gejala-penyebab-dan-pencegahan#:~:text=Penyebab%20terjadinya%20kanker%20muncul%20adalah,yaitu%20faktor%20internal%20dan%20eksternal

Finley, M., & Keni, K. (2022). Pengaruh Health Concsiousness, Perceived Risk of Covid-19 dan E-Wom Terhadap Intensi Membeli Suplemen Vitamin C. Journal Management, Business, and Accounting, 21(1), 111–124.

Fuadah, A. T., & Maski, G. (2024). Pengaruh Kesadaran Halal, Gaya Hidup, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee Food. Islamic Economis And Finance In Focus, 3(1), 190–203. https://doi.org/https://ieff.ub.ac.id/index.php/ieff/article/view/198

Janetius S. T, & Krithika S. (2020). Health Consciousness and Health Knowledge among Yoga Enthusiasts during COVID-19 Pandemic 2020: A Qualitative Analysis. 1–5. https://www.researchgate.net/publication/344567981_Health_Consciousness_and_Health_Knowledge_among_Yoga_Enthusiasts_during_COVID-19_Pandemic_2020_A_Qualitative_Analysis

Juliana, H. (2023). Pengaruh Siaran Langsung Dan Manfaat Yang Dirasakan Terhadap Niat Beli Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Aplikasi Tiktok Shop. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(6), 1517–1538. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i6.754

Martha Bella, C., & Artanti, Y. (2021). Sebuah Studi Pada Wanita Bekerja: Pengaruh Motivational Factors, Purchase Preferences, dan Tendency Towards Health Consciousness Terhadap Purchase Intention Green Cosmetics. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 587–600.

Mulyati, Y., & Gesitera, G. (2020). Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 173–194. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.538

Mutammam, M., Sumarwan, U., & Tinaprilla, N. (2019). Pengaruh Pengetahuan Konsumen, Kualitas Produk dan Kepercayaan Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengisian Angin Merek Green Nitrogen. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 231–241. https://doi.org/10.17358/jabm.5.2.231

Siti Nur Aeni. (2022). Jenis Kanker Serviks, Penyebab. Gejala. dan Cara Mencegahnya. https://katadata.co.id/berita/lifestyle/626098ce0d0b6/jenis-kanker-serviks-penyebab-gejala-dan-cara-mencegahnya

Su, Y., Khaskheli, A., Raza, S. A., & Qamar, S. (2022). How health consciousness and social consciousness affect young consumers purchase intention towards organic foods. Management of Environmental Quality: An International Journal, 33(5), 1249–1270. https://doi.org/10.1108/MEQ-12-2021-0279

Suri Amilia, & M. Oloan Asmara Nst. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 660–669.

Tantono, R., & Adiwijaya, M. (2017). Pengaruh Trust, Product Quality, dan Price Terhadap Loyalitas Pelanggan Pembalut Natesh. Agora, 5(3).

Tutus, Y. D. A. J., & Krisprimandoyo, D. A. (2023). The Influence of Health Consciousness and E-Service Quality on Traditional Medicine Purchasing Decisions (Case Study Of Cv Dari Teman Sejati). International Journal of Review Management, 3(2), 31–37. https://doi.org/https://journal.uc.ac.id/index.php/RMBE/article/view/4475

Yanti Febrini, I., Widowati PA, R., & Anwar, M. (2019). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang di Warung Kopi Klotok, Kaliurang, Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1). https://doi.org/10.18196/mb.10167