Optimalisasi Kepuasan Pasien JKN KIS: Evaluasi Faktor Waktu Tunggu, Lingkungan Tunggu, dan Kualitas Pelayanan
DOI:
https://doi.org/10.30872/jinv.v20i2.1781Keywords:
Waktu Tunggu, Lingkungan Tunggu, Kualitas Pelayanan, Kepuasan PasienAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Waktu Tunggu, Lingkungan Tunggu, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Pengguna Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat yang disingkat dengan JKN KIS di Rumah Sakit Provinsi Kalimantan Utara. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif yaitu dengan pendekatan survei. Ukuran sampel yang diambil menggunakan rumus hair, yaitu dengan jumlah indikator sebanyak 22 item dikali 5. Sehingga, melalui perhitungan berdasarkan rumus tersebut, diperoleh jumlah sampel dari penelitian ini adalah sebesar 110. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program komputer SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Waktu tunggu memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pasien, Lingkungan tunggu memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap kepuasan pasien, Kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap kepuasan pasien, Waktu tunggu, lingkungan tunggu dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap kepuasan pasien.
References
Afrane, S., & Appah, A. (2014). Queuing theory and the management of Waiting-time in Hospitals: The case of Anglo Gold Ashanti Hospital in Ghana. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 4(2), 34–44. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v4-i2/590
Anfal, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan Tahun 2018. Excellent Midwifery Journal, 3(2), 1–19. https://doi.org/10.55541/emj.v3i2.130
Aziati, A. H. N., & Hamdan, N. S. B. (2018). Application Of Queuing Theory Model And Simulation To Patient Flow At The Outpatient Department. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management Bandung, 3016–3028. https://www.researchgate.net/publication/337672536
Creswell, J. W. (2017). Research Design: Qualítative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (3rd ed.). SAGE Publications.
Dewi, A., Eravianti, E., & Putri, D. K. (2021). Hubungan lama waktu tunggu pasien dengan kepuasan pasien di Puskesmas Lubuk Begalung. Prosiding Seminar Nasional Stikes Syedza Saintika, 1(1), 45–54. https://jurnal.syedzasaintika.ac.id/index.php/PSNSYS/article/view/907
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Ismayadi, H., Tutuko, P., & Winansih, E. (2022). Affecting Waiting Rooms as Key to Patient Satisfaction in Public Health Centers. International Conference of Graduate School on Sustainability (ICGSS), 7, 64-72. https://doi.org/10.26905/icgss.v7i1.9100
Kalaja, R. (2023). Determinants of Patient Satisfaction with Health Care: A Literature Review. European Journal of Natural Sciences and Medicine, 6(1), 43–54. https://doi.org/10.2478/ejnsm-2023-0005
Lindawaty, D. S., Dharmaningtias, D. S., Ardiyanti, H., & Katharina, R. (2018). Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Man, M. M. K., & Chen, Y. (2020). The Effect of Service Quality and Medical Environment Towards Patients’ Satisfaction in the Medical Industry in China. International Journal of Marketing Studies, 12(2), 72–77. https://doi.org/10.5539/ijms.v12n2p72
Pruyn, A., & Smidts, A. (1998). Effects of waiting on the satisfaction with the service: Beyond objective time measures. International Journal of Research in Marketing, 15(4), 321–334. https://doi.org/10.1016/S0167-8116(98)00008-1
Radito, Th. (2014). Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas kesehatan terhadap kepuasan pasien Puskesmas. JURNAL ILMU MANAJEMEN, 11(2), 1–25. https://doi.org/10.21831/jim.v11i2.11753
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods For Business: A Skill Building Approach. John Wiley & Sons.
Setyawati, W. A., Rifa'i, M., & Sasmito, C. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, harga dan citra institusi terhadap kepuasan pasien. Madani jurnal politik dan sosial kemasyarakatan, 10(2), 50-63. https://doi.org/10.52166/madani.v10i2.1052
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Tsai, C.-Y., Wang, M.-C., Liao, W.-T., Lu, J.-H., Sun, P., Lin, B. Y.-J., & Breen, G.-M. (2007). Hospital outpatient perceptions of the physical environment of waiting areas: the role of patient characteristics on atmospherics in one academic medical center. BMC Health Services Research, 7(1). https://doi.org/10.1186/1472-6963-7-198
Viotti, S., Cortese, C. G., Garlasco, J., Rainero, E., Emelurumonye, I. N., Passi, S., Boraso, F., & Gianino, M. M. (2020). The Buffering Effect of Humanity of Care in the Relationship between Patient Satisfaction and Waiting Time: A Cross-sectional Study in an Emergency Department. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(8), 1–12. https://doi.org/10.3390/ijerph17082939
Wahyudi, A., Rumintjap, F. M., Hisnindarsyah, Nurhikmah, & Yuwanto, L. (2023). Accreditation Surveyor and Patient Safety: Learning from World Patient Safety Day 2023 (Literature Review). Formosa Journal of Science and Technology, 2(9), 2279–2304. https://doi.org/10.55927/fjst.v2i9.6036
Wibowati, J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Muarakati Baru Satu Palembang. Jurnal Manajemen, 8(2), 15–31. https://doi.org/10.36546/jm.v8i2.348
Zhang, H., Ma, W., Zhou, S., Zhu, J., Wang, L., & Gong, K. (2023). Effect of waiting time on patient satisfaction in outpatient: An empirical investigation. Medicine, 102(40), 1–5. https://doi.org/10.1097/MD.0000000000035184
Zulaika, Z., Suhermi, S., & Soejoto, N. N. (2022). Hubungan Lama Waktu Tunggu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poli Umum Klinik Relof Tahun 2022. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 14(2), 298–307. https://doi.org/10.37012/jik.v14i2.1277
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Junia Fasa, Ahmad Juliana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.