Optimalisasi Kepuasan Pasien JKN KIS: Evaluasi Faktor Waktu Tunggu, Lingkungan Tunggu, dan Kualitas Pelayanan

Authors

  • Junia Fasa Universitas Borneo Tarakan, Tarakan, Indonesia.
  • Ahmad Juliana Universitas Borneo Tarakan, Tarakan, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jinv.v20i2.1781

Keywords:

Waktu Tunggu, Lingkungan Tunggu, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Waktu Tunggu, Lingkungan Tunggu, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Pengguna Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat yang disingkat dengan JKN KIS di Rumah Sakit Provinsi Kalimantan Utara. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif yaitu dengan pendekatan survei. Ukuran sampel yang diambil menggunakan rumus hair, yaitu dengan jumlah indikator sebanyak 22 item dikali 5. Sehingga, melalui perhitungan berdasarkan rumus tersebut, diperoleh jumlah sampel dari penelitian ini adalah sebesar 110. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program komputer SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Waktu tunggu memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pasien, Lingkungan tunggu memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap kepuasan pasien, Kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap kepuasan pasien, Waktu tunggu, lingkungan tunggu dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap kepuasan pasien.

References

Afrane, S., & Appah, A. (2014). Queuing theory and the management of Waiting-time in Hospitals: The case of Anglo Gold Ashanti Hospital in Ghana. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 4(2), 34–44. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v4-i2/590

Anfal, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan Tahun 2018. Excellent Midwifery Journal, 3(2), 1–19. https://doi.org/10.55541/emj.v3i2.130

Aziati, A. H. N., & Hamdan, N. S. B. (2018). Application Of Queuing Theory Model And Simulation To Patient Flow At The Outpatient Department. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management Bandung, 3016–3028. https://www.researchgate.net/publication/337672536

Creswell, J. W. (2017). Research Design: Qualítative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (3rd ed.). SAGE Publications.

Dewi, A., Eravianti, E., & Putri, D. K. (2021). Hubungan lama waktu tunggu pasien dengan kepuasan pasien di Puskesmas Lubuk Begalung. Prosiding Seminar Nasional Stikes Syedza Saintika, 1(1), 45–54. https://jurnal.syedzasaintika.ac.id/index.php/PSNSYS/article/view/907

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Ismayadi, H., Tutuko, P., & Winansih, E. (2022). Affecting Waiting Rooms as Key to Patient Satisfaction in Public Health Centers. International Conference of Graduate School on Sustainability (ICGSS), 7, 64-72. https://doi.org/10.26905/icgss.v7i1.9100

Kalaja, R. (2023). Determinants of Patient Satisfaction with Health Care: A Literature Review. European Journal of Natural Sciences and Medicine, 6(1), 43–54. https://doi.org/10.2478/ejnsm-2023-0005

Lindawaty, D. S., Dharmaningtias, D. S., Ardiyanti, H., & Katharina, R. (2018). Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Man, M. M. K., & Chen, Y. (2020). The Effect of Service Quality and Medical Environment Towards Patients’ Satisfaction in the Medical Industry in China. International Journal of Marketing Studies, 12(2), 72–77. https://doi.org/10.5539/ijms.v12n2p72

Pruyn, A., & Smidts, A. (1998). Effects of waiting on the satisfaction with the service: Beyond objective time measures. International Journal of Research in Marketing, 15(4), 321–334. https://doi.org/10.1016/S0167-8116(98)00008-1

Radito, Th. (2014). Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas kesehatan terhadap kepuasan pasien Puskesmas. JURNAL ILMU MANAJEMEN, 11(2), 1–25. https://doi.org/10.21831/jim.v11i2.11753

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods For Business: A Skill Building Approach. John Wiley & Sons.

Setyawati, W. A., Rifa'i, M., & Sasmito, C. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, harga dan citra institusi terhadap kepuasan pasien. Madani jurnal politik dan sosial kemasyarakatan, 10(2), 50-63. https://doi.org/10.52166/madani.v10i2.1052

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Tsai, C.-Y., Wang, M.-C., Liao, W.-T., Lu, J.-H., Sun, P., Lin, B. Y.-J., & Breen, G.-M. (2007). Hospital outpatient perceptions of the physical environment of waiting areas: the role of patient characteristics on atmospherics in one academic medical center. BMC Health Services Research, 7(1). https://doi.org/10.1186/1472-6963-7-198

Viotti, S., Cortese, C. G., Garlasco, J., Rainero, E., Emelurumonye, I. N., Passi, S., Boraso, F., & Gianino, M. M. (2020). The Buffering Effect of Humanity of Care in the Relationship between Patient Satisfaction and Waiting Time: A Cross-sectional Study in an Emergency Department. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(8), 1–12. https://doi.org/10.3390/ijerph17082939

Wahyudi, A., Rumintjap, F. M., Hisnindarsyah, Nurhikmah, & Yuwanto, L. (2023). Accreditation Surveyor and Patient Safety: Learning from World Patient Safety Day 2023 (Literature Review). Formosa Journal of Science and Technology, 2(9), 2279–2304. https://doi.org/10.55927/fjst.v2i9.6036

Wibowati, J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Muarakati Baru Satu Palembang. Jurnal Manajemen, 8(2), 15–31. https://doi.org/10.36546/jm.v8i2.348

Zhang, H., Ma, W., Zhou, S., Zhu, J., Wang, L., & Gong, K. (2023). Effect of waiting time on patient satisfaction in outpatient: An empirical investigation. Medicine, 102(40), 1–5. https://doi.org/10.1097/MD.0000000000035184

Zulaika, Z., Suhermi, S., & Soejoto, N. N. (2022). Hubungan Lama Waktu Tunggu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poli Umum Klinik Relof Tahun 2022. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 14(2), 298–307. https://doi.org/10.37012/jik.v14i2.1277

Downloads

Published

2024-09-23

Issue

Section

Articles