Meningkatkan Daya Saing UMKM melalui Kemudahan Akses Pembiayaan, Penggunaan Teknologi Informasi dan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia
DOI:
https://doi.org/10.30872/jfor.v27i1/3879Keywords:
UMKM, Akses ke Keuangan, Teknologi Informasi, Sumber Daya Manusia, Daya saingAbstract
Tujuan penelitian ini dilakukan analisis UMKM di Kota Tarakan, khususnya terkait akses pembiayaan, pemanfaatan teknologi informasi dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Selanjutnya, berupaya memberikan strategi agar UMKM memiliki daya saing yang memadai. Data penelitian berasal dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan mendistribusikan kuesioner kepada pemilik UMKM, sedangkan data sekunder diperoleh dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi serta Badan Pusat Statistik Kota Tarakan. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis SWOT sebagai metode analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM di Kota Tarakan memiliki modal kerja yang terbatas karena kesulitan mendapatkan akses pembiayaan. Sebagian besar UMKM telah memanfaatkan teknologi informasi dalam menjalankan usahanya dan memiliki sumber daya manusia yang memadai dalam mengembangkan bisnisnya
References
Alfrian, G. R., & Pitaloka, E. (2020), Strategi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bertahan pada kondisi pandemik covid 19 di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), Vol. 6 No. 2, pp. 139-146.
Amri, A. (2020), Dampak covid-19 terhadap UMKM di Indonesia, BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, Vol. 2 No. 1, pp. 123-131.
Ariani dan Nur Utomo, Mohamad (2017) Kajian Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Tarakan. Jurnal Organisasi dan Manajemen, Volume 13, Nomor 2, September, 99-118
David & Rangkuti, F. (2014), Manajemen Strategi, Edisi Sepuluh, Salemba Empat, Jakarta.
Hamid, R. S., & Ikbal, M. (2017), Analisis Dampak Kepercayaan pada Penggunaan Media Pemasaran Online (E-Commerce) yang Diadopsi oleh UMKM: Perspektif Model DeLone & McLean, Jurnal Manajemen Teknologi, Vol. 16 No. 3, pp. 310337.
Hamid Edy Suandi & Susilo Y. Sri. (2011). Strategi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah di provinsi daerah istimewa Yogyakarta. Jurnal ekonomi pembangunan, Vol.12, Nomor 1, Juni 2011, hlm.45-55.
Kementrian Koperasi dan UKM RI. (2019). Perkembangan UMKM Nasional. Jakarta: Kementrian Koperasi dan UKM RI.
Pakpahan, A. K. (2020), Covid-19 dan implikasi bagi usaha mikro, kecil, dan menengah, Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, (Edisi Khusus), pp. 59-64.
Rahmana Arief. (2009). Peranan teknologi informasi dalam peningkatan daya saing usaha kecil menengah, Seminar Nasional, Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009) Yogyakarta.
Republik Indonesia. (2008). Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta: Sekretariat Negara
Rianse Usman, Abdi. (2008). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi (Teori dan Aplikasi). Edisi Pertama. Alfabeta, Bandung.
Sudaryanto dan Hanim,Anifatul. (2002). Evaluasi kesiapan UKM Menyongsong Pasar Bebas Asean (AFTA): Analisis Perspektif dan Tinjauan Teoritis. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, Vol 1 No 2, Desember 2002
Sabirin, S. (2001). Pemanfaatan Kredit Mikro untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Rakyat di dalam Era Otonomi Daerah. Orasi Ilmiah Lustrum IX Universitas Andalas, Padang, 13 September 2001.
Situmorang, Jannes. (2008). Strategi Umkm dalam Menghadapi Iklim Usaha yang Tidak Kondusif. Infokop, Vol. 16 - September 2008: 87-101
Williams, C. (2007). Research Methods. Journal of Business and Economic Research, 65-72.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Inang Aria Arifin, Riyans Ardiansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.