Pengaruh Tingkat Profesional Pegawai Biro Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAKK) terhadap Kepuasan Mahasiswa dalam Pelayanan Akademik di Universitas Borneo Tarakan

Authors

  • Bambang Supriyanto Universitas Terbuka, Banten, Indonesia.
  • Nuraisyah Universitas Tadulako, Palu, Indonesia.
  • Ani Susanti Universitas Tadulako, Palu, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jfor.v27i1/3559

Keywords:

Profesionalisme, Kepuasan Kerja, Pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profesionalisme pegawai Biro Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama terhadap kepuasan mahasiswa dalam pelayanan akademik di Universitas Borneo Tarakan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Sampel penelitian terdiri dari 100 mahasiswa yang dipilih menggunakan metode accidental sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert dan dianalisis menggunakan SPSS 30.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat dan positif antara profesionalisme pegawai dengan kepuasan mahasiswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,913 dan tingkat signifikansi <0,001. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,833 menunjukkan bahwa 83,3% variasi kepuasan mahasiswa dapat dijelaskan oleh profesionalisme pegawai. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi pengembangan kualitas pelayanan di perguruan tinggi dan secara teoritis memperkuat konsep hubungan profesionalisme dengan kepuasan layanan

References

Abdul Wahab Podungge, Asna Aneta. 2020. “ Profesionalisme Pegawai Ditinjau Dari Aspek Pengorganisasian Dalam Kepuasan kerja pegawai”. Jurnal Ilmu Administrasi Vol 9, No1

Alwis, 2002. Perubahan Budaya Organisasi di Dalam Pelayanan Birokrasi Pemerintahan. Jiana Fisip – Unri, Pekanbaru.

Andila Mandasari.2014. “Pengaruh Profesionalisme Pegawai Terhadap Kualitas Kepuasan kerja pegawai Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Kutai Barat”. Jurnal Administrasi Negara Vol 4, No 2 Hal 1148-1158

Boediono, 1999. Pelayanan Prima Perpajakan. Rineka Cipta, Jakarta.

Dwiyanto, 2006. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia” Yogyakarta, Gadja mada University Press

Hamalik, Oemar, 2000. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan, Pendekatan Terpadu. Bumi Aksara, Jakarta.

Harefa, Andreas, 2004. Membangkitkan Etos Profesionalisme. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Herlina, Anggalia Wibasari. 2016. “Indeks Kepuasan Dan Standar Operasional Prosedur Program e-KTP SE-Bandar Lampung”. Jurnal Manajemen Magister Vol 02, No 01

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2005. “Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional” Jakarta, Balai Pustaka.

Kasali, Rhenald, 2006. Change. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Kasmir, 2006. Kewirausahaan. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Maister, David H., 1998. Profesionalisme Sejati. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Meningkatkan Pelayanan Publik. Widyapraja, Jakarta

Moleong, Lexy, 2004. “Metode Penelitian Kualitatif, edisi revisi”, Bandung, PT.Remaja Rosdakarya.

Munir,AS, 1996. Manajemen Layanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara, Jakarta Oerip F.X., dan T.A. Oetomo, 2000. Mengatasi Krisis Manusia di Perusahaan.

Pamudji, S. 1994. Profesionalisme Aparatur Negara Dalam Rangka. PT. Andi, Yogyakarta.

Putu Ari Nugraha dkk.2016.”Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kepuasan Di RIPCURL Kartika Plazza”. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 1

Rajab, Budi, 2002. Profesionalisme Dalam Peralihan Peradaban. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rasyid, M. Ryaas, 1997. Kajian Awal Birokrasi Pemerintahan dan Politik Orde Baru. Yayasan Wantapone, Jakarta

Setiono, Agus, dkk, 2004. Memahami Good Governance Dalam Perspektif Sumber Daya Manusia. Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.

Siagian,1994, “Patologi Birokrasi; Analisis, Identifikasi dan Terapinya” Jakarta, Ghalia Indonesia

Simamora, Hendry, 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YKPN, Yogyakarta.

Sudjana, 2002. Metoda Statistika. Penerbit Tarsito, Bandung.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Alfabeta, Bandung.

Sutopo dan Suryanto, Adi.,2006. Pelayanan Prima. Lembaga Administrasi Negara, Jakarta.

Tjiptono, Fandy, 2000. Strategi Bisnis & Manajemen. PT. Andi, Yogyakarta. Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, 2005. Service, Quality and Satisfaction.

Tjokrowinoto, 1996. “Pembangunan, Dilema dan Tantangan, Yogyakarta”. PT. Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2025-07-11

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Tingkat Profesional Pegawai Biro Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAKK) terhadap Kepuasan Mahasiswa dalam Pelayanan Akademik di Universitas Borneo Tarakan. (2025). FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 27(3), 507-512. https://doi.org/10.30872/jfor.v27i1/3559