Pengaruh Variasi Produk dan Mobile Marketing serta Inovasi terhadap Keputusan Pembelian

Authors

  • Muhammad Faris Humam Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.
  • Mohammad Wasil Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jfor.v26i4.2317

Keywords:

Variasi Produk, Mobile Marketing, Keputusan Pembelian

Abstract

Persaingan usaha bisnis makanan dan minuman di Indonesia berkembang sangat pesat. Minuman chatime memiliki kualitas yang diakui di pasar internasional sehingga menarik perhatian dari masyarakat Indonesia.Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini antara lain minimnya pengetahuan pelaku usaha kecil menengah (UKM) pembuatan minuman chatime dan cara memasarkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Variasi Produk dan Marketing Mobile serta Inovasi Terhadap Keputusan Pembelian. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pengumpulan data kuisioner dengan analisis data menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan  bahwa variasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sehingga semakin baik menentukan variasi produk maka keputusan pembelian meningkat, serta mobile marketing menunjukan hasil positif dan signifikan karena pemasaran ini akan meningkatkan awareness untuk meningkatkan pembelian. Pada hasil uji inovasi menunjukan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian karena akan meningkatkan keputusan konsumen untuk membeli jika tidak diterapkan akan mengalami penurunan

References

Ahmed, Pervaiz K and Shepherd, Charles D. 2010. Innovation Management. Pearson. Education, Inc. New Jersey.

Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Cetakan Kesembelian. Alfabeta. Bandung.

Anna Kridaningsih. 2020. Pengaruh Harga Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Amino Dari Ultimate Nutrition Di Kota Mojokerto. JBMA. Volume VII. Nomor 2.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktek. Edisi Revisi V. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Rajawali Press. Jakarta.

Bateman, Thomas S and Snell, Scott A. 2014. Management. Alih Bahasa: Ratno Purnomo dan Willy Abdillah McGraw-Hill Education (Asia) dan Salemba Empat. Jakarta.

Benson Standing and Karjaluoto. 2005. Consumer Perspectives On Mobile Advertising And Marketing. ANZMAC Conference: Electronic Marketing.

Bungin, Burhan. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Prenadamedia. Jakarta.

Chaffey, Dave and Smith, PR. 2013. E-Marketing: Excellence. Butterworth-Heinemann. UK.

David Jingjun Xu. 2007. The Influence Of Personalization In Affecting Consumer Attitudes Toward Mobile Advertising In China. The Journal Of Computer Information Systems. Volume 47. Number 2. Page 9-20.

Deschamps. 1999. Product Juggernauts. Harvard Business Scholl. Massachusets.

Disa Fitri Pradwika dan Sudharto P. 2018. Pengaruh Promosi Kreatif Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen E-Commerce Zalora.co.id (Studi Kasus Pada Konsumen Di Kota Jakarta). Volume 8. Nomor 1. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis (JIAB).

Drucker, Peter Ferdinand. 2012. Inovasi Dan Kewiraswastaan. Erlangga. Jakarta.

Engel, James, F. 1994. Pengertian Perilaku Konsumen. Dalam Buku Perilaku Konsumen. Edisi 6. Jilid 1. Penerbit Binarupa Aksara.

Esterberg, Kristin G. 2002. Qualitative Methods Ins Social Research. McGraw Hill. New York.

Friani Gloria Igir., Johny RE Tampi, dan Henny Taroreh. 2018. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up (Studi Pada PT Astra International Tbk Daihatsu Cabang Malalayang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Volume 6. Nomor 002.

Fahim Iftikhar and Imran Khan. 2017. The Impact Of Email Marketing, Mobile Marketing And Retargeting On Online. Bachelors Thesis Degree Programme In Tourism. University Of Applied Sciences.

Freeman, Chris. 2004. The Economics Of Industrial Innovation. (3rd Edition). Taylor And Franch Group, London.

Gupta Praveen. 2007. Business Innovation In The 21st Century. Dipak Jain, Dean Kellogg School Of Management. North Charleston, South Carolina.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Groover P, Mikel. 2010. Fundamentals Of Modern Manufacturing: Materials, Process And System. 4th Edition. John Wiley Sons, Inc. London.

Hansel Agustinus dan Saortua Marbun. 2020. Pengaruh Kreativitas, Inovasi Dan Review Produk Di Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mephoto_Project. Journal Research Management (JARMA). Volume 02. Nomor 1.

Harry Boer and WE During. 2001. Innovation, What Innovation? A Comparison Between Product, Process And Organisational innovation. International Journal Of Technology Management. Volume 22. Number (1/2/3). Page 83.

Hasan, M Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian Dan Aplikasinya. Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta.

Hesti Ertionita. 2017. Pengaruh Harga, Variasi Produk Dan General Interior Terhadap Keputusan Pembelian Di Alfamart Raya Sembon Kota Tulungagung. Simki-Economic. Volume 01. Nomor 09. Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI. Kediri.

Hubeis, Musa. 2012. Manajemen Kreativitas Dan Inovasi Dalam Bisnis. Penerbit PT Hecca Mitra Utama. Jakarta.

Isfiandi dan Amirudin M Amin. 2009. Pengaruh Variasi Produk, Harga Dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Keramik Mulia Tile Pada PT Surya Asia Abadi Di Pekanbaru. Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan Dan Bisnis. Volume 4. Nomor 1. Halaman 114.129.

Indah Merekati dan Rusdarti Wahyono. 2017. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Orientasi Kewirausahaan Melalui Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Of Economic Education. Volume. Volume 6. Nomor 2. Halaman 114-123.

Isti Faradisa dkk. 2016. Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Indonesian Coffeeshop Seamarang (Icos Cafe). Journal Of Management. Volume 2. Nomor 2.

Jasniko. 2013. Pengaruh Atmosfer Toko Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Padang. UPI YPTK.

Kaplan A, M and Michael, Haenlein. 2010. Users Of The World, Unite! The Challenges And Opportunities Of Social Media. Business Horizons. Volume 53. Number 1. Page 59-68.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Mileinium. PT Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.

Levitt, Theodore. 2007. Marketing Classic. Amara Books. Yogyakarta.

Machfoedz, Mahmud. 2004. Kewirausahaan Suatu Pendekatan Kontemporer. UPP AMP YKPN. Yogyakarta.

Makmur dan Thahier, Rohana. 2015. Inovasi Dan Kreativitas Manusia. PT Refika Aditama. Bandung.

Mariotti, John. 2006. Marketing Express. Limited. Willy India Put.

Martinus Yogas Pranoto. 2018. Pengaruh Harga, Inovasi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Samsung. Skripsi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Mellya Yuliati Lestari. 2010. Pengaruh Mobile Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Kota Bandung (Studi Kasus Pada Produk Makanan). Universitas Widyatama.

Mobile Marketing Association (MMA). 2009. www.mmaglobal.com. (diakses terakir 18 November 2022).

Nanang Setiadi. 2021. Pengaruh Inovasi, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi. Jurnal Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nasution. 1998. Metode Penelitian Naturalistik Kuatalitatif. Tarsito. Bandung.

Nugroho, Agung. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistic Penelitian Dengan SPSS. Andi Yogyakarta.

Nurmaidah Ginting, Demak Claudia Yosephine Simanjuntak dan Lasma Ria. 2018. Analisis Brand,Inovasi Dan Budaya Terhadap Keputusan Pembelian Songket Tenun Tarutung. Jurnal Konsep Dan Bisnis (JKBM). Volume 1. Nomor 5. Fakultas Ekonomi. Universitas Prima Indonesia. Medan.

OECD. 2005. Oslo Manual: Guidelines For Collecting And Interpreting Innovation Data Third Edition. A Joint Publication Of OECD And Eurostat. Url: http:// www.conicyt.cl/wpcontent/uploads/2014/07/Manual-de-Oslo.pdf. Diakses pa da 24 September 20 22.

Orsini Depary Astrid. 2010. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Di Stasiun Pengisian Bahan Bakan Untuk Umum (SPBU) Semarang. Tesis Dipublikasikan. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro. Semarang.

Peter, J Paul dan Olson, Jerry C. 2000. Consumer Behavior Perilaku Konsumen. 2nd. Edisi 4. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Qusay H Mahmoud and Leslie Yu. 2006. Havana Agents For Comparison Shopping And Location Aware Advertising In Wireless Mobile Environments. Electronic Commerce Research And Applications. Volume 5. Page 220-228.

Richard Luecke.2003. Managing Creativity And Innovation. Harvard Business School Publishing. Boston.

Robbins, Stephen P and Coulter, Mary. 2007. Manajemen. Edisi kedelapan. Alih Bahasa: Harry Slamet dan Ernawati Lestari. Indeks.

Roscoe, John T. 1975. Fundamental Research Statistics For The Behavioural Sciences. (2nd Edition). Holt Rinehart & Winston. New York.

Ryan, D. 2014. Understanding Digital Marketing. Kogan Page Limited. Great Britain.

Salsa Detriani. 2021. Pengaruh E-Commerce Dan Mobile Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Produk Facial Wash PT Nasa Stockist R.2137 Banjarnegara (Studi Kasus Pada Konsumen Facial Wash PT Nasa Di Stockist R.2137 Banjarnegara). Skripsi. Program Studi Manajemen STIE STAN-Indonesia Mandiri. Bandung.

Sanjaya, Ridwan dan Josua Tarigan. 2009. Creative Digital Marketing. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Sara Kimberley. 2007. SMS Growth Continues As Mobile Market Takes Off. Precision Marketing. Volume 20. Number 2. Page 2-2.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Sekaran, Uma. 2006. Metode Penelitiaan Bisnis. Salemba Empat. Jakarta.

Simamora, Bilson. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Suryana. 2014. Kewirausahaan. Salemba Empat. Jakarta.

Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Edisi Pertama Cetakan Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Schiffman, Leon G and Kanuk, Leslie Lazar. 2004. Perilaku Konsumen (Edisi 7). Prentice Hall. Jakarta.

Schumpeter, Joseph Alois. 1989. Essays On Entrepreneurs, Innovations, Business Cycles And The Evolution Of Capitalismed. Transactions. London.

Shady Adam Gultom, Sudarwati, Istiqomah. 2019. Analisis Inovasi, Promosi Dan Kompetensi Marketer Terhadap Keputusan Pembelian Produk Batik Arcobaleno Di Surakarta. Edunomika. Volume 03. Nomor 01. Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Islam Batik. Surakarta.

Shura Zabadi and Elsayed. 2012. Consumer Attitudes Toward SMS Advertising Among Jordanian Users. International Journal Of Marketing Studies. Volume 4. Number 1.

Tommy Kurniawan Njoto. 2016. Pengaruh Desain Kemasan, Cita Rasa Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Bumi Anugerah. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis. Volume 1. Nomor 4.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi III. CV Andi Offset. Yogyakarta.

Wisnu Dian Efendi. 2018. Analisis Variasi Produk, Kemasan Dan Media Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Ice Cream Campina Di Minimarket Wilayah Kota Kediri. Simki-Economic. Volume 02 Nomor 02. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Zimmerer, Thomas W dkk. 2008. Kewirausahaan Dan Manajemen Usaha Kecil. Edisi 5 Buku 1. Salemba Empat. Jakarta.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Humam, M. F., & Wasil, M. (2024). Pengaruh Variasi Produk dan Mobile Marketing serta Inovasi terhadap Keputusan Pembelian . FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 26(4), 818–828. https://doi.org/10.30872/jfor.v26i4.2317

Issue

Section

Articles